Rabu, 02 September 2020

Mengawali perkuliahan pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Pandemi COVID-19, Fakultas Ilmu Pendidikan mengadakan Rapat secara virtual melalui Zoom Meeting pada hari Rabu tanggal 02 September 2020. Rapat ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Bapak Prof. Dr. Yusnadi, M.S. Adapun peserta yang hadir pada kegiatan ini antara lain: Pimpinan Fakultas (Dekan, Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Wakil Dekan III), Senat FIP, Ketua dan Sekretaris Jurusan/Program Studi, Guru Besar, Tim Gugus Penjaminan Mutu (GPM), Kepala Laboratorium, Dosen, Tim Penjamin Mutu Jurusan (TPMJ), dan Pegawai di lingkungan FIP.

Dalam paparannya, Dekan menyampaikan dua hal penting kepada peserta rapat yang hadir, antara lain: (1)  Evaluasi Kegiatan Akademik Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 dan (2) Rencana Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil monev kegiatan akademik semester Ganjil 2019/2020 oleh Wakil Dekan I, Tim GPM, TPMJ,  dan Fungsionaris Jurusan/Program Studi disampaikan temuan-temuan berikut: (1) Pengisian KRS sudah dilakukan, namun belum serentak secara keseluruhan, (2) Penyerahan DPNA sudah dilakukan secara Online, namun ada beberapa dosen yang masih terlambat dalam meng-input nilai, dan (3) Kepatuhan dalam menyiapkan Dokumen Pembelajaran (DP) baru mencapai 80%. Dekan berharap, temuan hasil monev pada Semester Genap 2019/2020 Era Pandemi COVID-19 dapat diperbaiki pada Semester Ganjil 2020/2021. “Kita tentu berharap, kekurangan dan kelemahan yang ditemukan pada Semester Genap 2019/2020 dapat diperbaiki dan disempurnakan pada Semester Ganjil 2020/2021”, terang dekan dalam paparannya.

Adapun hal penting lainnya yang disampaikan Dekan bahwa perkuliahan pada semester Ganjil 2020/2021 akan dilakukan secara full daring. “Harapan saya tentu tidak hanya lengkap secara administrasi berupa Dokumen Pembelajaran (DP), namun yang terpenting adalah pelaksanaan/implementasi pembelajaran efektif yang Bapak/Ibu lakukan secara daring. Itu yang terpenting”, lanjut Dekan di sela-sela paparannya. Selain itu, Dekan juga menjelaskan bahwa penilaian juga harus dilakukan secara otentik dengan rubrik yang jelas dari dosen yang mengampu setiap matakuliah, sehingga nilai mahasiswa dapat diberikan sesuai dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dimilikinya.

Di akhir paparannya, Dekan menjelaskan bahwa untuk perkuliahan Semester Ganjil 2020/2021 akan tetap dilakukan Monev awal, pertengahan, dan akhir perkuliahan secara daring oleh Wakil Dekan I, Tim GPM, Tim TPMJ, dan Fungsionaris Jurusan/Program studi kepada setiap dosen di lingkungan FIP. “Perlu Bapak/Ibu ketahui bahwa meskipun perkuliahan dilakukan secara daring, Monev tetap akan dilakukan, baik oleh Tim dari WD I, Tim GPM, TPMJ, dan Fungsionaris Jurusan/Program Studi terkait dengan rancangan perkuliahan, pelaksanaan perkuliahan, dan penilaian yang Bapak/Ibu lakukan. Oleh sebab itu, saya berharap perkuliahan Semeter Ganjil 2020/2021 dapat berjalan secara efektif sesuai harapan yang dibuktikan dari hasil Monev nantinya”, tutup dekan mengakhiri rapat di ruang kerjanya.

Author

Write A Comment