Jurusan Pendidikan Masyarakat (Penmas) FIP Universitas Negeri Medan menjalin kerjasama dengan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pemkab Serdang Bedagai pada Selasa, (06/04). Kerjasama ini untuk meningkatkan kualitas lulusan berbasis Outcome Base Education (OBE) yang disimbolisasikan melalui penandatanganan MoU Surat Perjanjian Kerjasama yang masing-masing ditandatangani pimpinan kedua lembaga yakni Dr. Sudirman, SE, M.Pd. selaku Ketua Jurusan Pendidikan Masyarakat FIP UNIMED dan Lestari Pardosi, S.Pd. selaku Kepala SKB Kab. Sergai. Pada kegiatan ini juga mengidentifikasi kebutuhan belajar masyarakat daerah Pesisir Pantai Sentang yang beberapa masyarakatnya mengikuti program kesetaraan di SKB Sergai berlangsung di Pantai Sentang, Teluk Mengkudu, Sergai, yang dihadiri oleh beberapa Dosen Prodi Penmas bersama Pengurus Ikatan Alumni Pendidikan Luar Sekolah/Pendidikan Masyarakat (IKAPLUSDIKMAS) Unimed.

Dalam sambutannya kepala SKB Sergei Lestari Pardosi,S.Pd menyampaikan apresiasi yang setinggi tingginya terhadap jurusan pendidikan masyarakat yang sudah bersedia menjalin kerja sama dengan SKB Sergei yang notabennya secara keilmuan memang menjadi bagian dari salah satu pengguna lulusan program studi pendidikan masyarakat. Beliau berharap dengan adanya kegiatan identifikasi kebutuhan dan perjanjian kerja sama ini akan membawa dampak yang positif kepada SKB Sergei beserta para warga belajarnya dan menjadi peluang peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar Pantai Sentang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Jurusan Penmas Unimed Dr. Sudirman,SE, M.Pd. mengungkapkan bahwa perjanjian kerjasama ini merupakan kegiatan yang sudah lama direncanakan mengingat SKB Sergai merupakan salah satu satuan pendidikan nonformal yang masih eksis menyelenggarakan program-program pendidikan nonformal di Sumatera Utara. Selain itu masyarakat dan letak geografis disekitar SKB ini juga memiliki potensi yang dapat dikembangkan melalu program-program pendidikan masyarakat seperti daerah pesisir pantai yang masyarakatnya dapat diberdayakan untuk mengembangkan desa wisata.

Selanjutnya Sudirman, mengharapkan kegiatan ini menjadi modal untuk dapat mengembangkan profil lulusan pendidikan masyarakat FIP Unimed yang berbasis OBE sehingga nantinya kerja sama akan terus berlanjut dilakukan oleh kedua lembaga yakni Prodi Penmas Unimed dan SKB Sergei, tidak hanya dalam hal pendampingan kompetensi para tutor dan pamong belajar namun juga pendampingan kepada warga belajar SKB Sergei yang dapat berkolaborasi dengan mahasiswa penmas unimed. Sehingga lulusan semakin bertambah pengalaman dan kompetensinya sebagai fasilitator maupun perencana program pendidikan masyarakat yang akan membawa dampak positif bagi kedua belah pihak. (Humas Unimed/eo)

Sumber: https://www.unimed.ac.id/2021/04/07/jurusan-penmas-unimed-gandeng-skb-kab-sergai-tingkatkan-kualitas-lulusan/

Author

Write A Comment