Webinar Parenting yang bertema “ CREATIVE PARENTING STYLE : Can We Be Creative Parents ?” merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang tua agar menjadi orang tua yang kreatif dalam mengasuh anak, dan menjadi pedoman bagi keluarga. Acara ini diadakan oleh Mahasiswa Prodi PGPAUD FIP UNIMED Pada Hari Rabu, 21 April 2021 memperoleh jumlah peserta aktif hingga 470 orang peserta yang merupakan orang tua, pendidik, mahasiswa, dan dosen. Ada 2 narasumber yang mengisi acara ini, narasumber tersebut antara lain Bapak Angga Setyawan selaku Praktisi Parenting & Founder Anak Juga Manusia  dan Ibu Dr. Nasriah, M. Pd Selaku Dosen senior PG PAUD UNIMED yang telah sukses mendidik putra-putrinya hingga sukses. Acara ini  berjalan dengan lancar dengan pendampingan dari Dosen mata kuliah Pendidikan Keluarga Dwi Maya Novitri, M.Hum., Anada Leo Virganta, S.Pd., M.Pd., May Sari Lubis, S.Pd., M.Pd. dan Artha Mahindra Diputera, M.Pd., dukungan dari Kaprodi dan seluruh dosen Prodi PGPAUD, dan Panitia pelaksana.

Acara webinar parenting ini dibuka dengan sambutan oleh Bapak Prof. Dr. Yusnadi, M.S. selaku Dekan FIP UNIMED “… seminar yang dilaksanakan hari ini pasti bisa menginspirasi kita bagaimana menjadi orang tua yang kreatif dalam membangun keluarga. Sebuah tema yang sangat tepat yang sangat kreatif dan yang sangat krusial kita bahas pada situasi seperti ini, kenapa demikian? Karena keluarga merupakan tonggak, keluarga merupakan kunci sebuah bangsa dan negara apabila keluarga itu tangguh keluarga itu punya dataran yang luar biasa, maka akan berkorelasi positif terhadap bangsa dan negara”. Selanjutnya di buka dengan sambutan oleh Ibu Kamtini, S. Pd., M. Pd selaku ketua prodi PG PAUD UNIMED. “Saya atas nama ketua prodi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada dosen-dosen yang telah mendampingi adik-adik panitia yang luar biasa bekerja keras, walaupun terpisah oleh jarak tetapi tetap dapat sebuah aktivitas besar dengan komunikasi yang baik dan semuanya bisa terselenggara pada pagi hari ini.“

Penyampaian materi yang disampaikan oleh narasumber 1 dan 2 dapat diambil kesimpulan bahwa “Anak harus di bekali dengan pendidikan karakter, moral dan agama, selain itu anak dari kecil harus belajar kecewa, belajar bersepakat. Izinkan anak mengambil keputusan. Orang tua jangan terlalu memaksa anak tetapi memberikan tawaran pilihan agar anak mampu memikirkan sebab akibat yang akan di dapatinya. Ajarkan anak dengan lemah lembut, peluk cium, bekali anak dengan ajaran agamaa sebagai tonggak pendiriannya”. Penyampaian materi oleh kedua narasumber sangat berkesan dikarenakan para beliau merupakan orang yang tepat untuk menyampaikan materi yang di angkat menjadi webinar parenting ini. Ketika penyampaian materi selesai, terdapat sesi diskusi. Sangat banyak pertanyaan yang ingin disampaikan oleh peserta kepada narasumber yang dihadirkan. Peserta sangat antusias dengan materi yang di berikan oleh narasumber, namun karena di batasi oleh waktu sehingga hanya 3 pertanyaan saja yang beruntung terpilih untuk di bahas jawabannya oleh para narasumber. Pada sesi diskusi ini panitia mengadakan Doorprize bagi 3 peserta yang beruntung. Doorprize yang diberikan oleh panitia merupakan buku yang pembahasannya masih dekat dengan Perenting. Agar yang mendapatkan doorprize tersebut terus mengigat acara yang telah di laksanakan oleh panitia. (NAL)

Write A Comment