Keberlanjutan Kerjasama yang terjalin antara Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan dan Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar tertuang pada Surat Perjanjian Kerjasama Nomor 4093/UN.33.1/LL/2020 dan Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar Nomor 420.2/099/XII/Pert/WK-THN 2020 mengarah pada program seleksi kepala sekolah SD Negeri Kota Pematangsiantar. Pelaksanaan seleksi mulai dari 24 Mei – 26 Mei 2021 yang dilaksanakan di Siantar Hotel jalan WR Supratman No. 3 Dwikora, Proklamasi, Kec. Siantar Bar., Kota Pematang Siantar. Kegiatan seleksi dibuka langsung oleh Ibu Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar Rosmayana, S.Pd.,MM. dan dihadiri oleh Prof. Dr. Yusnadi, MS. (Dekan FIP Unimed), Nani Barorah Nasution, S.Psi., M.A., Ph.D. (WD I FIP Unimed), Dr. Zuraida Lubis, M.Pd. (WD II FIP Unimed), Kamtini, S.Pd., M.Pd. (WD III FIP Unimed), dan Darma Bakti Kalbar, S.Pd., M.Si. (Kasi Pembinaan SD).

Tim seleksi yang ditugaskan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan adalah Prodi PGSD yang kemudian membentuk tim khusus yang dipimpin oleh Kaprodi PGSD Dr. Irsan, M.Pd.,M.Si. dan didukung oleh para pakar pendidikan dan evaluasi yaitu Prof. Drs. Dian Armanto, M.Pd., M.A., M.Sc., Ph.D dan Dr. Wildansyah Lubis, M.Pd. Peserta dalam kegiatan seleksi ini berjumlah 85 peserta dan akan diseleksi melalui sistem perankingan penilaian. Seleksi ini akan menggugurkan 16 peserta dan menyatakan 69 peserta memenuhi kriteria layak menjadi kepala sekolah berdasarkan hasil penilaian secara keseluruhan yakni kelengkapan adminstrasi, portofolio, tes tertulis, dan wawancara, dan memberikan hasil penilaian kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar untuk ditindaklanjuti. Dalam mendukung proses seleksi yang objektif dan akuntabel Tim seleksi menerapkan sistem pembagian tugas mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan seleksi, dan penginputan nilai yang dilakukan oleh orang yang berbeda dan tempat yang berberbeda sehingga penilaian yang diperoleh memiliki kesahihan yang dapat dipertanggung jawabkan.

Hasil seleksi Kepala Sekolah kemudian diserahkan langsung secara resmi oleh Dekan FIP Unimed kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar tepat pada 26 Mei 2021, dan dalam proses penyerahan tersebut Kepala Dinas memberikan sambutan bahwa “hasil seleksi ini memiliki makna yang besar bagi Kota Pematangsiantar untuk mewujudkan Sekolah Dasar Negeri yang maju dari kepemimpinan Kepala Sekolah yang layak, sehingga kedepannya mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya khususnya sekolah swasta”, kemudian Dekan FIP membalas sambutan tersebut bahwa “Tim Seleksi sudah melakukan prosesnya dengan penuh tanggung jawab dan profesional, sehingga harapannya tujuan dari Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar dalam membangun kerjama ini dapat terwujud yakni lahirnya kepala sekolah yang memiliki kelayakan sehingga kedepannya SD Negeri Kota Pematangsiantar dapat lebih maju dan menjadi contoh sekolah-sekolah lainnya”. (Junalistik-Usman/PGSD-UNIMED)

Sumber: https://pgsd.unimed.ac.id/prodi-pgsd-fip-unimed-sukses-menjadi-tim-seleksi-kepala-sekolah-sd-negeri-kota-pematangsiantar-tahun-2021/

Author

Terus belajar dan menjadi bermanfaat bagi banyak orang

Write A Comment