Pada tanggal 21 Mei 2021, Fakultas Ilmu pendidikan mengirimkan mahasiswa perwakilan Fakultas dalam ajang kompetisi debat bahasa Indonesia yang diselanggarakan Universitas Negeri Medan guna menyeleksi perawakilan Universitas Negeri Medan pada lomba debat tahap regional. Kegiatan lomba debat ini dilakasan secara virtual dalam jaringan menggunakan aplikasi zoom,

Sistem perlombaan yang dipakai yaitu British Parliamentary System, dimana tugas masing-masing peserta lomba diundi secara acak dan terbagi menjadi 4 tim dalam setiap ronde perlombaan. Adapun mahasiswa perwakilan dari Fakultas Ilmu Pendidikan atas nama Putrako Sijoya dan Yohanna Putri Rosari dari prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.  Saat pelaksanaan lomba, kedua peserta dibantu dan didukung oleh fakultas dengan menyediakan fasilitas lengkap serta didampingi oleh Ibu Kamtini M.Pd selaku WD3 Fakultas Ilmu Pendidikan dan beberapa staf  Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan sebagai teknisi.

Mahasiswa perserta lomba FIP sangat baik dalam hal strategi, hal tersebut dibuktikan melalui adanya pembagian kerja sama yang baik dalam persiapan materi (cast building) atau proposal yang diajukan dalam debat serta saling mendukung atau menguatkan opini satu sama lain. Namun sayangnya saat kegiataan debat berlangsung, sempat mengalami gangungan, dimana ketika ingin mengutarakan pendapat terjadi permasalahan jaringan yang mengakibatkan waktu berbicara mahasiwa melebihi batas waktu berbicara yang diberikan dewan juri.

Dengan strategi yang baik, perkwakilan mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan sampai pada tahap final dan mendapat peringkat 4. Prestasi tersebut tentunya mendapatkan apresiasi yang besar dan tanggapan positif dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FIP. Intensinya, prestasi baik tersebut dapat menjadi pembelajaran untuk dapat meningkatkan prestasi berikutnya khususnya dalam kompetisi debat selanjutnya dengan persiapan lebih matang dan latihan yang lebih intensif bagi bakal-bakal mahsiswa perwakilan seterusnya.

Author

Write A Comment