Pelatihan Tingkat Nasional PAUD yang bertema “Meningkatkan kemampuan guru PAUD membuat game interaktif melalui webgame wordwall di smartphone/pc ” merupakan kegiatan yang mempunyai tujuan untuk melatih guru- guru bahkan calon guru PAUD di Indonesia untuk menjadi guru yang kreatif dan inovatif untk memunculkan generasa bangsa yang aktif, intraktif, dan kreatif. Acara ini di adakan pada Hari Senin, 31 Mei 2021 yang di selenggarakan oleh Mahasiswa Prodi PGPAUD 2018. Acara ini di hadiri oleh 250 peserta di ruang zoom dan selebihnya di live Youtube, yang merupakan guru-guru dan calon guru PAUD di Indonesia. Acara ini juga sponsori oleh INEZ COSMETIC. Ada 2 narasumber yang mengisi acara pelatihan ini antaranya guru besar FIP PGPAUD UNIMED yaitu Ibu Prof. Anita Yus, M. Pd selaku pemateri pertama yang membawakan materi “Pembelajaran Kreatif” dan Ibu Sri Ayu Maghdalena. S. Si selaku pemateri kedua yang membawakan materi ” Tutorial penggunaan webgame wordwall “. Acara ini berjalan denga lancar dan mengasikkan, di karenakan peserta ikut serta dalam pembuatan tutorial yang di paparkan oleh materi dan nantinya akan ada hadiah Gudibag dan sertifikat untuk peserta yang aktif dan menghasilkan karya game interaktif yang kreatif

Acara pelatihan tingkaat nasional ini dibuka dengan sambutan oleh Bapak Prof. Dr. Yusnadi, Ms. Selaku dekan FIP UNIMED beliau mengatakan “Terimakasi Ibu Dr. Nasriah, M. Pd, Ibu sariana, M. Pd, Ibu Elya Siska Anggraini, S. Sn., M. A yg sudah mengarahkan serta melaksanankan pelatihan ini sebagai product matakuliah yang manfaatnya dapat dinikmati oleh orang banyak melalui acara ini. Seluruh peserta terimakasih sudah bergabung di acara ini. Meninggkat kemampuan guru saya kira sebuah topik yg sengaja diplih oleh panitia yang erat dengan kaitan digital sekaranv yang berdampak oleh pendidikan. Guru PGPAUD di tuntut untuk bisa menggunakan teknologi untuk materi pembelajaran yang akan di ajarkan agar lebih menarik dalam membuat pembelajaran. Sebenarnya game sudah ada tetapi kali ini sudah di rekasaya dengan baik menggunakan teknologi sekarang. Saya kira kegiatan ini perlu diikuti sehingga hasilnya akan bermanfaat bagi guru untuk satuan PAUD yang di jalaninya. Selamat mengikuti Pelatihan Tingkat Nasional PAUD dengan tema ” Meningkatkan Kemampuan Guru PAUD Membuat Game Interaktif Melalui Webgame Wordwall di Smartphone/Pc ” . Saya harap stelah mengikuti platihan ini dapat di implikasikan kepada tugas mengajar bapak/ibu di instansi masing-masing .

Penyampaian materi yang disampaikan oleh narasumber 1 dan 2 dapat diambil kesimpulan bahwa “Anak tidak terlahir kreatif, hal tersebut menurut teori kontruktivisme. Anak kreatif dihasilkan oleh didikan orangtua dan guru yang kreatif juga. Maka dari itu guru perlu mengetahui hal apa saja yang dapat membuat anak menjadi kreatif. Guru dan orang tua harus bekerjasama dalam hal meningkatkan kretafitas anak. Di zaman digital sekarang juga guru harus di paksa tidak gagap teknologi untuk meningkatkan mutu pendidikan. Melalui pembuatan game interaktif ini guru dilatih menjadi aktif, produktif, dan kreatif dalam membuat penyampaian materi yang menarik”.

Penyampaian materi oleh kedua narasumber sangat berkesan dikarenakan para beliau merupakan orang yang tepat untuk menyampaikan materi yang di angkat menjadi Pelatihan Tingkat Nasional PAUD.
Ketika penyampaian materi selesai, terdapat sesi diskusi. Sangat banyak pertanyaan yang ingin disampaikan oleh peserta kepada narasumber yang dihadirkan. Peserta sangat antusias dengan materi yang di berikan oleh narasumber, namun karena di batasi oleh waktu sehingga hanya 4 pertanyaan saja yang beruntung terpilih untuk di bahas jawabannya oleh para narasumber. Pada sesi diskusi ini panitia mengadakan pembagian gudibag bagi Peserta yang mengirimkan produk game interaktif yang menarik yang nantinya akan di seleksi kembali oleh panitia.

Write A Comment