Fakultas Ilmu Pendidikan melalui Wakil Dekan Bidang Akademik menyelenggarakan Pembekalan Mahasiswa KKN pada 21 Juli 2021. Kegiatan dilakukan secara daring dimulai pukul 10.30 WIB dipandu oleh Bapak Husna Parluhutan Tambunan, M.Pd dan dihadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Ketua Jurusan/Prodi, Sekretaris Jurusan, Kalab, GPM, TMJ, DPL, Taksforce, dan Mahasiswa KKN.

Pembelakan dibuka langsung oleh Dekan FIP Bapak Prof. Dr. Yusnadi, MS. Dekan dalam sambutannya menyampaikan KKN adalah perwujudan dari Tridarma Perguruan Tinggi, dilaksanakan secara langsung di tengah masyarakat, bagaimana mengimplementasikan program di tengah masyarakat, Namun tetap memperhatikan KKN dilakukan di era Newnormal berbasis desa tempat tinggal masing-masing.

Sambutan dilanjutkan oleh Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, dan Wakil Dekan 3 yang menekankan pesan kepada mahasiswa bahwa KKN tidak selayaknya dianggap sebagai mata kuliah yang hanya dianggap perlu diselesaikan, tetapi perlu diperhatikan output yang dihasilkan seperti perubahan mindset masyarakat sesuai dengan program SDGs. Selain itu, Pesan yang cukup penting adalah bagaimana Mahasiswa menjaga nama baik Fakultas dan Perguruan Tinggi, sehingga perlu dilakukan pengawasan dan arahan oleh DPL.

Pengarahan Bapak Roni Sinaga, S.Pd., M.Pd yang merupakan staf ahli LPPM sebagai narasumber menyampaikan tentang “mekanisme & Output KKN FIP”. Narasumber menjelaskan tentang prinsip yang menjadi pegangan pelaksanaan KKN adalah Feasible, Acceptable, Sustainable, dan Participative. Selain itu Luaran yang perlu untuk diperhatikan oleh mahasiswa adalah laporan akhir, Inovasi, Abstak, pelaksanaan kegiatan, video pelaksanaan dan luaran tambahan berupa publikasi media cetak/online, sesuai dengan arahan masing-masing jurusan/prodi.

Ketua Jurusan dan Ketua Prodi memberikan arahan bagaimana poin penting pelaksanaan KKN sesuai dengan jurusan/prodi mahasiswa, kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab. (AMD)

Author

Write A Comment