Medan (6/8/2021), Fakultas Ilmu Pendidikan melalui Wakil Dekan Bidang Akademik selenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Mendeley dalam Karya Ilmiah. Kegiatan pendampingan dilakukan secara daring. Namun, tidak mengecilkan antusias seluruh civitas akademika di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber yaitu Ibu Tessa Simahate, S.Sos, M.Ikom yang merupakan Kepala Perpustakaan Universitas Negeri Medan, Bapak Artha Mahindra Diputera, M.Pd yang merupakan salah satu dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan dan dipandu oleh Ibu Erwita Ika Violina, S.Pd., M.Pd sebagai Pembawa Acara.

Pendampingan penggunaan aplikasi Mendeley dibuka oleh Dekan yang diwakili oleh Wakil Dekan Bidang Akademik , Ibu Nani Barorah Nasution, S.Psi., M.A., Ph.D. Dalam sambutannya disampaikan agar seluruh dosen mahasiswa dapat mendukung untuk dapat meningkatkan sitasi dan publikasi karya ilmiahnya. Peningkatan sitasi dan publikasi sudah tertuang dalam SOP penulisan Skripsi, sehingga penggunaan aplikasi Mendeley diharapkan dapat mendukung dan mempermudah kebijakan tersebut.

Kegiatan pendampingan diketuai oleh Bapak Mahfuzi Irwan, S.Pd., M.Pd sebagai Ketua Pelaksana. Dalam laporannya disampaikan bahwa jumlah peserta sebanyak  292 orang yang terdiri atas Guru Besar, Dosen, dan mahasiswa tingkat akhir di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan. Peserta dibagi dalam beberapa ruang, setiap ruang sudah disiapkan pendamping atau mentor dalam menggunakan Aplikasi Mendeley.

Antusias peserta terlihat dalam sesi diskusi dan pendampingan. Banyak peserta masih mengikuti hingga akhir kegiatan, karena pelatihan dan pendampingan menggunakan Aplikasi Mendeley ini memang sangat dibutuhkan sesuai perkembangan teknologi dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Kegiatan ditutup oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan  Prof. Dr. Yusnadi, M.S., yang menyampaikan bahwa gagasan menyelenggarakan kegiatan ini sangat luar biasa, dengan dukungan pada Guru Besar, Dosen, dan Mahasiswa sebagai permulaan dan mampu memberikan dampak terhadap kemamuan untuk melakukan sitasi dalam penulisan tugas akhir atau karya ilmiah. Diharapkan seluruh peserta dapat terus mengasah kemampuan dan memberikan pendampingan lebih intensif kepada seluruh mahasiswa.

Author

Write A Comment