MEDAN (Media24): Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) mengadakan Pendampingan untuk Mengatasi Cabin Fever Siswa di Desa Tanjung Morawa. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk guru Bimbingan dan Konseling SMP Negeri 1 Tanjung Morawa dan Sekolah Menengah Pertama lainnya melalui platform zoom meeting.

Sambutan pertama disampaikan oleh Ibu Dra. Rahmulyani, M.Pd., Kons, perwakilan dari tim pengabdian kepada masyarakat, Ia menyatakan bahwa cabin fever adalah suatu kondisi saat seseorang merasa tidak bahagia atau bosan karena menghabiskan terlalu banyak waktu di rumah, seolah-olah merasa seperti di kabin pesawat yang sempit, sehingga ingin segera keluar dari tempat itu. Besar harapan dengan diadakannya kegiatan pendampingan yang dihadiri oleh 86 partisipan ini dapat berjalan dengan lancar.

Kegiatan Pendampingan Guru BK dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Menengah Pertama Ibu Ellinawati, S.Pd., M.Si. yang mengatakan bahwa  kegiatan pendampingan guru BK sangat bermanfaat, didukung penuh oleh sekolah dan semoga para guru BK di lingkungan desa Tanjung Morawa dapat meminimalisir masalah cabin fever para peserta didik.

Kegiatan diawali dengan mempersilahkan perwakilan siswa mencurahkan isi hatinya terkait pembelajaran dari rumah, Mylika siswa kelas VIII mengatakan belajar dari rumah itu bosan, banyak tugas, jenuh, jadi banyak main game di HP  dan malas mandi. Selanjutnya, Curahan hati siswa diulas lebih lengkap dalam penyajian materi pertama oleh Ibu Dra. Rahmulyani, M.Pd., Kons  tentang Lokakarya Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling untuk Mengatasi Cabin Fever siswa.

Dilanjutkan materi kedua oleh Dr. Zuraida Lubis, M.Pd., Kons, dan Nindya Ayu Pristanti, .S.Pd., M.Pd dari Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed. Pemaparan dilakukan secara bergantian dengan materi lokakarya pengembangan materi dan lokakarya pendekatan bimbingan klasikal.

Selain itu, juga menghadirkan Sekretaris Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Miswanto, S.Pd., M.Pd. untuk memberikan sosialisasi visi misi program studi serta 5 orang mahasiswa Rizky Ananda sebagai moderator, Defran Tri Cahyo, Ega Mawarniyati, Puan Maharani dan Rhania Audiva sebagai fasilitator dalam pelaksanaan kegiatan. Koordinator Guru Bimbingan dan Konseling SMP N 1 Tanjung Morawa , Ibu Hj. Aisyah Hasibuan, M.Psi., Kons menyampaikan di akhir sesi kegiatan ucapan terima kasih atas kesempatan pendampingan yang diberikan.  Lokakarya yang telah diberikan akan ditindaklanjuti dengan mengerjakan tugas dalm bentuk pengumpulan media dan materi bimbingan dan konseling yang dapat digunakan untuk mengatasi cabin fever siswa selama belajar dari rumah. Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi paedagogik, sosial, kepribadian dan profesional guru BK melakukan konseling secara online.

Author

Write A Comment