Medan – 28 Oktober 2021 Fakultas Ilmu Pendidikan selenggarakan Webinar bertema “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital” yang dengan ketua ibu Sani Susanti, S.Pd., M.Pd. Kegiatan menghadirkan dua narasumber yaitu Bapak Rafael Lisinus Ginting, S.Pd., M.pd. dan Bapak Roni Sinaga, S.Pd., M.Pd. Kegiatan dipandu ibu Nindy Ayu Pistanti, S.Pd., M.Pd. selaku moderator.
Webinar diikuti oleh Fungsionaris, Dosen, Mahasiswa, seluruh civitas akademika dilingkungan Universitas Negeri Medan dan masyarakat pada umumnya sebanyak lebih dari 500 peserta. Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Prof. Dr. Yusnadi, M.S., dapat sambutannya disampaikan bahwa Dekan mengapresiasi diselenggarakannya webinar ini, peserta didik yang terbiasa dengan teknologi digital, maka pendidik juga harus mampu untuk memanfaatkan teknologi digital. Pengembangan media pembelajaran perlu diperhatikan akses, cost, teknologi yang digunakan, dan khususnya pemanfaatan teknologi tersebut.

Materi pertama disampaikan oleh Narasumber satu yaitu Bapak Rafael Lisinus Ginting, S.Pd., M.Pd. dengan judul Pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Kinemaster. Narasumber tidak hanya memaparkan secara teori tetapi bagaimana menggunakan aplikasi Kinemaster dalam pembuatan media pembelajaran berbasis video.

Materi kedua disampaikan oleh narasumber dua yaitu Bapak Roni Sinaga, S.Pd., M.Pd. dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Inkscape”. Narasumber mendahului pemaparannya dengan menanyakan peserta yang sudah menggunakan inkscape dan corel, diketahui bahwa masih banyak peserta yang belum memanfaatkan aplikasi inkscape. Narasumber menekankan pentingnya mengembangkan desain grafis sendiri agar sesuai dengan kebutuhan.
Webinar juga meminta peserta untuk mencoba membuat video dan desain grafis. Banyak peserta yang sebelumnya belum bisa membuat pembelajaran berbasis video dan grafis, setelah mendapatkan materi dari kedua narasumber telah mampu untuk menciptakan media kreatif. Webinar ditutup dengan tanya jawab terkait beberapa kendala peserta dalam membuat media inovatif digital menggunakan Kinemaster dan Inkscape.