Pengumuman:

Medan, (18/4/2022) Perkuat pendampingan orang tua dalam belajar anak melalui media digital PGPAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan sukses menyelenggarakan Workshop Parenting Nasional dengan mengusung tema Menjadi Sahabat Anak di Era Digital. Workshop Parenting Nasional ini diselenggarakan dengan menghadirkan dua  Narasumber yaitu Bapak Heru Mudiyanto M.Pd yang merupakan Dosen UIN  Syekh Nurjati dan Ibu Laila Sari S.Pd,. M.Pd, yang merupakan founder Sekolah Alam Medan Raya dan founder Sekolah Orang Tua. Kegiatan dipandu oleh Jessica Simanjuntak sebagai pembawa Acara, Annisa Ruhi Sabrina sebagai Moderator, dan Aldi Pranata Barus sebagai ketua pelaksana.

Workshop Parenting Nasional ini berlangsung secara daring melalui zoom dan live youtube. Kegiatan Workshop Parenting Nasional ini di hadiri oleh DEKAN FIP Universitas Negeri Medan Prof. Dr. Yusnadi, MS, Wakil Dekan I FIP UNIMED Nani Barorah Nasution, S.Psi., M.A, Ph.D, Wakil Dekan II FIP UNIMED Dr. Zuraida Lubis, M.Pd, Kons,  Wakil Dekan III Kamtini S.Pd., M.Pd., KAPRODI PG-PAUD UNIMED Ibu Suri Handayani Damanik, M.Pd., Serta KAPRODI PG-PAUD Universitas Negeri Malang Ibu Retno Tri Wulandari, S.Pd.,M.Pd

DEKAN FIP UNIMED Prof. Dr. Yusnadi, MS dalam Sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyelenggarakan acara ini. Terkhusus kepada KAPRODI PG-PAUD dari Universitas Negeri medan dan KAPRODI PG-PAUD Universitas Negeri Malang, Serta juga sangat mengapresiasi dosen pengampu mata kuliah Pelatihan PAUD yaitu ibu Winda Widya Sari, S.Pd., M.Pd dan Dosen Pengampu Mata Kuliah Parenting yaitu Ibu Wuri Astuti M.Pd. Yang telah bekerja keras menyiapkan kegiatan Workshop Parenting Nasional ini sehingga berjalan dengan baik bersama dengan seluruh panitia dari Mahasiswa PG-PAUD UNIMED Reguler B 2019, Dekan mengucapkan terima kasih kepada kedua narasumber yang sudah berkenan bergabung dan memberikan materi yang sangat baik pada hari ini. Kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi seluruh partisipan agar bisa menjadi orang tua dan guru yang bisa mengasuh anak dengan memanfaatkan digitalisasi untuk mengembangkan seluruh aspek yang ada pada anak usia dini, dan diharapakn adanya kegiatan ini menjadikan kerjasama anatara UNIMED dan UM semakin baik dan bisa berlanjut di kerjasama lain seperti pengabdian masyarakat dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan prodi PGPAUD.

Bapak Heru Widiyanto M.Pd, Dosen  UIN  Syekh Nurjati dan Instruktur Kinemaster dalam materinya menyampaikan bahwa yang harus di perhatikan dalam mendampingi anak belajar digital ialah konten apa yang di lihat anak dan durasai anak belajar dari media digital, serta dalam proses belajar anak orang tua penting mendampingi anak sehingga anak bukan hanya melihat konten terserah namun bisa belajar dari konten yang dilihat.

Narasumber ke dua ibu Laila Sari S.Pd., M.Pd yang merupakan juga founder Sekolah Alam Medan Raya dan founder Sekolah Orang Tua, menyampaikan materinya yang berjudul dalam menyampaikan materi dan menegaskan kembali pentingnya pendampingan orang tua ketika anak belajar sehingga perkembangan anak bisa berkembang seluruhnya, serta dalam pembelajaran digital khususnya literasi bagi anak usia dini bisa menggunakan buku digital yang bisa di akses melalui salah satunya aplikasi Let’s Read, di dalam aplikasi Let’s Read ini orang tua bisa membimbing anak untuk belajar membaca dan memahami apa yang di baca serta bagi anak yang belum bisa membaca dapat digunakan metode read load atau membaca nyaring.

Author

Write A Comment