Author

admin

Browsing

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Masyarakat (PLS) FIP Unimed kembali mengukir prestasi Juara 3 Lomba debat mahasiswa tingkat nasional di Universitas Negeri Padang. Acara tersebut bertema Historia 3rd : Sejarah Inspirasi Bagi Negeri Masa lalu, masa kini dan masa depan yang diselenggarakan oleh HMJ Sejarah UNP pada 12 – 14 Februari 2020.

Adapun mahasiswa yang berprestasi tersebut adalah Ahmad Rizaldi, Siti Aisyah dan Reckha Windy Khan. Mereka merupakan mahasiswa jurusan Penmas 2016 dibawah asuhan Dr. Sudirman, SE., M.Pd.

Dekan FIP Prof. Dr. Nasrun, MS. mengucapkan selamat kepada mahasiswanya yang berhasil meraih juara ketiga pada lomba debat di UNP. “Prestasi ini tentu menjadi kebanggaan bagi kita. Kami berharap mahasiswa dapat meningkatkan prestasinya, asah terus kemampuan dan daya juang, serta perbanyak literasi dan inovasi sehingga mampu bersaing baik dikompetisi maupun dunia kerja. Semoga prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi dan mengembangkan minat bakatnya.”

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. juga memberikan selamat kepada mahasiswa FIP yang berhasil meraih juara ke 3 bersaing ditingkat nasional. Selaku Pimpinan, kita akan pacu terus prestasi mahasiswa dengan menumbuhkembangkan kreatifitas dan inovasi serta mendorong mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi tentunya. Prestasi mahasiswa menjadi salah satu indikator keberhasilan sebuah Perguruan Tinggi. Semoga prestasi ini terus ditingkatkan dan memberikan motivasi mahasiswa lainnya untuk berkarya dan berprestasi. Sehingga mewujudkan visi Unimed, unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya. (Humas Unimed/eo)

Civitas Akademika Unimed mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Dekan Baru FIP Unimed untuk periode 2020-2024, yang pemilihanya dilaksanakan pada hari Senin, 17 Januari 2020 di Aula FIP Unimed pada rapat senat Fakultas. Pemilihan dekan FIP tersebut dihadiri oleh Rektor Unimed dan anggota senat FIP Unimed. Dalam Senat tersebut terpilih Prof. Dr. Yusnadi, MS, sebagai Dekan FIP yang baru untuk periode 2020-2024.

Setelah rapat senat ditutup, Prof. Dr. Yusnadi, MS, selalu Dekan terpilih mengatakan kita semua anggota Senat FIP bersyukur karena rapat senat dengan agenda pemilihan dekan ini berjalan dengan baik, lancar dan penuh kekeluargaan. Saya secara peribadi mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rektor, pimpinan universitas dan seluruh anggota senat FIP yang telah mempercayakan amanah kepada saya untuk mengemban sebagai Dekan FIP periode 2020-2024. Semoga saya tetap diberi kesehatan, kekuatan dan lindungan Allah SWT, agar bisa menjalankan amanah ini dengan baik dan membawa FIP menjadi lebih baik dan maju. Saya sangat mohon dukungan dan bantuan kepada seluruh senat FIP dan seluruh fungsionaris, dosen, tendik dan mahasiswa di lingkungan Unimed. Mari kita bekerjasama memajukan fakultas kebanggaan kita FIP ini.

Saat paparan visi dan misi dirapat senat, Prof. Dr. Yusnadi, MS, mengungkapkan bahwa beliau akan meningkatkan kerjasama tim beserta seluruh anggota senat FIP dalam merancang semua program dan agenda kegiatan untuk memajukan FIP Unimed menjadi fakultas terbaik, serta dapat menyahuti harapan rektor untuk menjadi pusat inovasi pendidikan di provinsi Sumatera Utara dan menjawab tantangan pendidikan dalam era Revolusi Industri 4.0. Saya yakin dengan komitmen dan tanggungjawab bersama seluruh civitas FIP Unimed harapan untuk maju akan dapat kita capai dengan hasil yang terbaik.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM. M.Kes., diruang kerjanya mengatakan bahwa kita pimpinan Unimed dan seluruh civitas akademika Unimed mengucapkan selamat dan sukses atas terpilihnya Prof. Dr. Yusnadi, MS, sebagai Dekan FIP Unimed untuk periode 2020-2024. Dengan harapan semoga beliau akan dapat melaksanakan amanah dengan baik dan mampu bekerja dengan penuh tanggungjawab dalam mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah disampaikan dihadapan anggota senat FIP pada saat pemilihan.

Lanjut Rektor Unimed, “Saya yakin dekan FIP terpilih tersebut akan dapat bekerja lebih baik untuk memajukan FIP agar lebih maju, berprestasi dan menumbuhkan budaya akademik yang baik. Keyakinan saya tersebut didasari karena beliau sudah punya pengalaman sebagai WD 1 selama dua periode. Dengan pengalaman tersebut kita semua yakin bahwa beliau sudah faham kultur di FIP”. (Humas Unimed/bg).

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unimed melantik 37 lulusan dalam upacara yudisium yang digelar di Aula FIP, Selasa (25/02). Lulusan terdiri dari jurusan PPB/BK sebanyak 14 orang, Jurusan PGSD sebanyak 10 orang, Jurusan PENMAS sebanyak 12 orang, dan Prodi PG PAUD sebanyak 1 orang.

Acara Judicium FIP dihadiri oleh Dekan FIP Prof. Dr. Nasrun, M.S., Para Guru Besar, para Wakil Dekan dan seluruh fungsionaris dilingkungan FIP, para lulusan yang dijudicium dan para orang tua wali lulusan.

Adapun yang meraih IPK tertinggi tingkat fakultas yakni : Sartika Talambanua dengan IPK 3.78 dari Jurusan PPB/BK, disusul oleh Chairullah Alawy Purba dengan IPK 3.73 dari Jurusan PGSD, kemudian Ahmad Fauzi Lubis dengan IPK 3,39 dari Jurusan PENMAS, dan Hillerin Ovalyn Tampubolon dengan IPK 3,29 dari Jurusan PG PAUD.

Pengukuhan judicium tersebut dilakukan oleh Dekan FIP Prof. Dr. Nasrun, M.S. dan disaksikan oleh seluruh hadirin. Pada sambutannya, Nasrun mengucapkan selamat kepada para alumni, semoga dapat mengemban amanah pendidikan dengan baik dan senantiasa menjaga nama baik almamater. Tampilkan diri saudara sebagi insan lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan Unimed memiliki kapasitas hardskill dan softskill yang baik.

Lanjut Prof. Nasrun, Pelantikan sarjana alumni FIP ini tidaklah akhir dari aktivitas belajar. Dimana pun saudara nanti mengabdikan dedikasi ilmu yang diperoleh, harus tetap belajar, karena belajar sesungguhnya ada di masyarakat. Akan banyak yang diperoleh dari wujud belajar dalam realitas nyata dimasyarakat. Tetaplah menjalin komunikasi dan silaturahmi serta kontribusi untuk memajukan FIP Unimed.

Sartika Talambanua sebagai lulusan terbaik mengucapkan rasa bahagia dan bangga karena telah berhasil menyelesaikan studi S1 di universitas terbaik Sumatera Utara yakni kampus hijau Unimed. “Terima kasih yang tak terhingga atas bimbingan dan arahan para dekan, dosen dan pegawai dalam kegiatan akademik di kampus yang sejuk ini. . Terima kasih tak terhingga juga kami sampaikan kepada kedua orang tua karena telah susah payah dengan segala upaya membiayai studi kami. Semoga kami menjadi sarjana yang baik dan profesional dan akan berupaya bisa membahagiakan kedua orang tua.(Humas Unimed/ms)

Rektor Universitas Negeri Medan melantik Prof. Dr. Yusnadi, MS. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dan Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. sebagai Dekan Fakultas Teknik (FT) periode 2020 – 2024. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut berlangsung di Gedung Pusat Administrasi Biro Rektor Unimed, Senin (2/3). Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan SK pelantikan dan pengalungan kalung Dekan oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM, M.Kes.

Turut menyaksikan, Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan se-lingkungan Unimed, Ketua LPPM, Ketua LPPMP, Kabag, Ka. Lab se-Unimed dan keluarga serta para undangan Dekan yang dilantik.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pula serahterima jabatan dan memorandum akhir masa jabatan dari Prof. Dr. Nasrun, MS. kepada Rektor dan juga Prof. Dr. Yusnadi, MS. sebagai Dekan FIP. Kemudian Prof. Dr. Harun Sitompul, M.Pd. menyerahkan memorandum akhir masa jabatan kepada Rektor, dan ia dipercayakan kembali menjadi Dekan FT untuk periode 2020 – 2024.

Dalam sambutannya, Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM, M.Kes. mengucapkan “apresiasi kepada Prof. Dr. Nasrun, MS atas dedikasi dan kontribusinya selama menjadi Dekan FIP periode sebelumnya yang telah membangun dan memajukan Unimed. Saya juga mengucapkan selamat kepada Dekan yang dilantik pada hari ini, semoga dapat melanjutkan kepemimpinan dan mengemban anamah yang dipercayakan sesuai dengan tujuan bersama. Dekan yang baru dilantik diharapkan dapat menata kembali tata kelola organisasi sesuai dengan tupoksi dan bisa menjaga atmosfir akademik yang sehat dan kondusif, serta dapat meningkatkan komitmen, kerjasama dan koordinasi yang baik agar Unimed dapat berkembang terus dan menjadi universitas yang unggul dan maju agar tercapainya visi Unimed yakni menjadi Perguruan Tinggi yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya.”

“Menyikapi kebijakan dari menteri pendidikan dan kebudayaan yaitu sistem akreditasi perguruan tinggi mendorong prodi untuk terakreditasi unggul (A), hak belajar tiga semester di luar prodi sehingga memberikan pengalaman dan pembelajaran baru bagi mahasiswa, pembukaan prodi baru menyesuaikan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, dan mendorong Unimed menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) dengan memenuhi standart dan klasifikasi nasional. Diharapkan kita dapat menyahuti tantangan tersebut dan mempersiapkan diri untuk akreditasi institusi tahun 2021. Sekali lagi saya ucapkan selamat bertugas dan bekerja kepada Dekan yang baru dilantik, melalui pelantikan ini diharapkan UNIMED mampu memantapkan kapasitas lembaga yang bermuara pada peningkatan layanan baik itu layananan akademik maupun layanan non akademik serta dapat meningkatkan layanan kepada seluruh civitas akademika UNIMED dan juga kepada masyarakat,” ujar Dr. Syamsul Gultom.(Humas UNIMED/eo)

Keluarga Besar PHBI FIP Unimed menyelenggarakan sebuah gerakan yang diberi nama “Berbagi Bersama” dalam rangka memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu, anak yatim dan kaum duafa yang terkena dampak Covid-19. Penyerahan bantuan ini diberikan secara langsung ke tempat tinggal warga (14/04).

Gerakan ini dapat terlaksana atas partisipasi dari bapak dan ibu anggota PHBI FIP Unimed dalam bentuk pemberian infaq, sedekah dan sejenisnya. Semua bantuan tersebut disalurkan dalam bentuk 132 paket sembako, yang terdiri dari 10 Kg Beras dan 2 Liter Minyak Goreng.

Dekan FIP Unimed Prof. Dr. Yusnadi, MS. mengatakan “kita ketahui bersama dampak dari pandemic covid 19 yang mengakibatkan perekonomian lemah secara global, terlebih lagi dengan saudara-saudara kita yang berada tengah dilanda krisis. Gerakan Berbagi Sesama ini sebagai wujud kepedulian kita atas permasalahan yang dialami oleh seluruh warga dunia, khususnya warga Medan. Dampak Covid-19 ini memang sungguh tidak kita inginkan dan telah dirasakan oleh seluruh masyarakat dunia. Apalagi para pekerja yang penghasilan hari itu untuk kebutuhan hidup untuk hari itu juga. Atas inisiasi bersama di FIP, kami melakukan gerakan bersama dengan mengumpulkan dana untuk kita salurkan kepada warga yang berhak menerimanya.”

Lanjut Prof. Yusnadi, “kita sudah mendata keluarga-keluarga kurang mampu yang berhak menerima paket berbagi ini. Paket “berbagi” ini diantarkan langsung oleh anggota phbi fip unimed ketempat tinggal warga yang berhak menerimanya. Harapan kami semoga bantuam ini bermanfaat bagi warga masyarakat yang membutuhkan.

Terakhir Prof. Yusnadi menyampaikan terima kasih kepada seluruh anggota PHBI FIP Unimed yang ikut berpartisipasi, semoga kebersamaan ini membawa berkah bagi kita semua. (Humas Unimed/eo)