Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Fakultas Ilmu Pendidikan dirancang untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang kompeten, inovatif, dan berdaya saing dalam bidang pendidikan dasar. Program ini memberikan pembelajaran menyeluruh yang mencakup teori pendidikan, metode pengajaran, pengembangan kurikulum, serta penerapan teknologi dalam pembelajaran. Melalui kurikulum berbasis kompetensi, mahasiswa tidak hanya dibekali dengan pengetahuan akademik, tetapi juga pengalaman praktis melalui kegiatan microteaching dan praktik lapangan di sekolah dasar. Selain itu, program ini menanamkan nilai-nilai profesionalisme dan etika pendidikan, sehingga lulusan mampu menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendorong pengembangan karakter siswa.

Sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Pendidikan, PGSD juga memanfaatkan pendekatan interdisipliner untuk mengintegrasikan berbagai aspek pendidikan modern, seperti pendidikan berbasis karakter, pendekatan inklusif, serta inovasi teknologi untuk mendukung pembelajaran berbasis digital. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti berbagai pelatihan, seminar, dan kegiatan pengembangan diri, yang bertujuan memperkuat kemampuan mereka sebagai guru yang adaptif terhadap perubahan zaman. Dengan dukungan tenaga pengajar yang berpengalaman dan fasilitas pembelajaran yang memadai, PGSD berkomitmen mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi, siap berkontribusi dalam memajukan pendidikan dasar di Indonesia maupun di tingkat global.

 

Apiek Gandamana, S.Pd., M.Pd.
Ketua Jurusan

VISI
Mencetak pendidik jenjang Sekolah Dasar yang unggul dalam penggunaanteknologi komunikasi dan informasi serta kearifan lokal secara nasional pada tahun 2030


MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik bidang ke-SD-an yang berpusat pada mahasiswa melalui optimalisasi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta kearifan lokal.
  • Menyelenggarakan penelitian inovatif bidang ke-SD-an yang berorientasi potensi lokal serta bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan
    kesejahteraan masyarakat.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ke-SD-an yang berbasis penelitian berorientasi potensi lokal untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  • Menyelenggarakan tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil yang menjamin peningkatan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Menyelenggarakan program kerjasama di bidang penelitian, penelitian dan publikasi ilmiah dengan berbagai perguruan tinggi maupun instansi terkait secara nasional dan internasion.


TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan yang unggul dan inovatif berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta kearifan lokal.
  • Menghasilkan produk penelitian dan karya ilmiah inovatif serta model-model pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak SD berbasi kearifan lokal.
  • Menyebarluaskan IPTEKS jenjang sekolah dasar melalui aktivitas pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan, seminar, dan
    pendampingan pada jenjang sekolah dasar.
  • Menghasilkan kinerja program studi yang optimal guna mendukung peningkatan mutu penyelenggaraan tri Darma Peerguruan Tinggi.
  • Menghasilkan program kerja sama di bidang pendidikan perguruan tinggi dan berbagai lembaga terkait di tingkat nasional dan internasional yang bermanfaat bagi peningkatan mutu lulusan.

 

  • Tenaga Pendidik: Mampu menjadi guru SD yang Prefesional, Ikhlas, Memesona dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan baik dan bertanggung jawab.
  • Pengembang Perangkat Pembelajaran: Mampu mendisain RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media dan Instrumen Penilaian pembelajaran.

SIKAP

  • S1: Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • S2: Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • S3: Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan
    peradaban berdasarkan Pancasila.
  • S4: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  • S5: Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan
    orisinal orang lain.
  • S6: Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • S7: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • S8: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan


PENGETAHUAN

  • P1: Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
  • P2: Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar.
  • P3: Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK.
  • P4: Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
  • P5: Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  • P6: Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan
    pendidikan di sekolah dasar.
  • P7: Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.
  • P8: Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal.


KETERAMPILAN UMUM

  • KU1: Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan 5 bidang keahlian (IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, IPS, dan PKn)
  • KU2: Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  • KU3: Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  • KU4: Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  • KU5: Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di 5 bidang, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  • KU6: Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  • KU7: Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya.
  • KU8: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
  • KU9: Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.


KETERAMPILAN KHUSUS

  • KK1: Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  • KK2: Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  • KK3: Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.
  • KK4: Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  • KK5: Mampu merancang, melaksanakan, menganalsis dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  • KK6: Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah dan melaporkan serta mempublikasikan
  • KK7: Mampu menerapkan layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.


KETERAMPILAN KHUSUS PRODI

  • KKP1: Memiliki keterampilan berbasis kearifan lokal.
  • KKP2: Memiliki kemampuan merancang media berbasiskearifan lokal.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan melalui link berikut: Website PGSD

My Cart