Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Fakultas Ilmu Pendidikan dirancang untuk mempersiapkan tenaga pendidik yang kompeten, inovatif, dan berdaya saing dalam bidang pendidikan dasar. Program ini memberikan pembelajaran menyeluruh yang mencakup teori pendidikan, metode pengajaran, pengembangan kurikulum, serta penerapan teknologi dalam pembelajaran. Melalui kurikulum berbasis kompetensi, mahasiswa tidak hanya dibekali dengan pengetahuan akademik, tetapi juga pengalaman praktis melalui kegiatan microteaching dan praktik lapangan di sekolah dasar. Selain itu, program ini menanamkan nilai-nilai profesionalisme dan etika pendidikan, sehingga lulusan mampu menciptakan lingkungan belajar yang inspiratif dan mendorong pengembangan karakter siswa.

Sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Pendidikan, PGSD juga memanfaatkan pendekatan interdisipliner untuk mengintegrasikan berbagai aspek pendidikan modern, seperti pendidikan berbasis karakter, pendekatan inklusif, serta inovasi teknologi untuk mendukung pembelajaran berbasis digital. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti berbagai pelatihan, seminar, dan kegiatan pengembangan diri, yang bertujuan memperkuat kemampuan mereka sebagai guru yang adaptif terhadap perubahan zaman. Dengan dukungan tenaga pengajar yang berpengalaman dan fasilitas pembelajaran yang memadai, PGSD berkomitmen mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten secara akademis tetapi juga memiliki kepedulian sosial yang tinggi, siap berkontribusi dalam memajukan pendidikan dasar di Indonesia maupun di tingkat global.

 

Apiek Gandamana, S.Pd., M.Pd.
Ketua Jurusan

VISI

Mengembangkan Lulusan PGSD Yang Unggul Berbasis Teknologi Digital dan Kearifan Lokal di Tingkat Nasional.


MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik bidang ke-SD-an yang berpusat pada mahasiswa melalui optimalisasi penggunaan teknologi digital dan kearifan lokal.
  • Menyelenggarakan penelitian inovatif bidang ke-SD-an yang berorientasi potensi lokal serta bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan Masyarakat.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ke-SD-an yang berbasis peneitian berorientasi potensi lokal untuk mendukung terwujudnya masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  • Menyelenggarakan tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan adil yang menjamin peningkatan mutu Tri Dharma Perguruan Tinggi
  • Menyelenggarakan program kerjasama di bidang penelitian, penelitian dan publikasi ilmiah dengan berbagai perguruan tinggi maupun instansi terkait secara nasional dan internasional. Kependidikan yang berorientasi pada budaya mutu.


TUJUAN

  • Menghasilkan lulusan yang unggul dan inovatif berbasis teknologi digital serta kearifan lokal.
  • Menghasilkan produk penelitian dan karya ilmiah inovatif serta model-model pembelajaran sesuai dengan karakteristik anak SD berbasis kearifan lokal.
  • Menyebarluaskan IPTEKS jenjang sekolah dasar melalui aktivitas pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk pelatihan, seminar, dan pendampingan pada jenjang sekolah dasar.
  • Menghasilkan kinerja program studi yang optimal guna mendukung peningkatan mutu penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Menghasilkan program kerja sama di bidang pendidikan tinggi dan berbagai lembaga terkait di tingkat nasional dan internasional yang bermanfaat bagi peningkatan mutu lulusan

 

  • Pendidik / Calon Guru yang mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran di sekolah dasar dilandasi penguasaan teori dan konsep yang adaptif serta inovatif, serta menerapkan keterampilan praktis dan pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman kerja; memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural secara mandiri dan/atau berkolaborasi serta mengomunikasikan secara lisan maupun tulis.
  • Edupreneur yang mampu merancang, mengelola dan menjalankan usaha di bidang pendidikan sekolah dasar yang bertanggung jawab, mandiri, berintegritas, adaptif, kompetitif dan belajar sepanjang hayat.

  • Mampu menguasai konsep teoretis pendidikan, pembelajaran, penilaian, teknologi dan muatan pelajaran di Sekolah Dasar berdasarkan pemikiran logis dan kritis.

  • Mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran di sekolah dasar berdasarkan pemikiran logis, kritis, kreatif, inovatif, sistematis, dan beradaptasi terhadap situasi perubahan yang dihadapi.

  • Mampu menerapkan keterampilan praktis dan pengetahuan yang diperoleh dari pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran secara prosedural.

  • Mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural, baik mandiri dan/atau berkolaborasi berdasarkan pemikiran logis, kritis, kreatif, inovatif, sistematis, dan beradaptasi terhadap situasi perubahan yang dihadapi.

  • Mampu menghasilkan karya inovatif sebagai solusi pemecahan masalah di sekolah dasar secara mandiri dan/atau berkolaborasi.

  • Mampu melakukan pengembangan profesi berkelanjutan melalui penguasaan dan penerapan prinsip-prinsip pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran secara prosedural disertai sikap mandiri dan tanggung jawab.

  • Mampu mengkomunikasi secara lisan maupun tulis pengetahuan, rancangan dan karya inovatif tentang pendidikan, pembelajaran, penilaian, teknologi dan muatan pelajaran di Sekolah Dasar.

  • Mampu merancang, mengelola, dan menjalankan usaha di bidang pendidikan sekolah dasar berbasis kearifan lokal dengan penuh tanggung jawab, mandiri, berintegritas, adaptif, kompetitif, dan belajar sepanjang hayat.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan melalui link berikut: Website PGSD

My Cart