Beranda Visi, Misi PG-PAUD

Visi, Misi PG-PAUD

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI    PENCAPAIAN

  • Visi, Misi, Tujuan, Dan Sasaran Serta Strategi Pencapaian
    • Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan Dan Sasaran Program Studi, Serta Pihak-pihak Yang Dilibatkan.
Penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Prodi PG-PAUD), disusun dengan menyelaraskan pada visi dan misi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Universitas Negeri Medan serta mengacu pada dasar hukum yang berlaku, antara lain sebagai berikut:

  1. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
  4. Peraturan Pemerintah RI No. 74 Tahun 2008 tentang Guru (terbaru)
  5. Permenristekdikti No.44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi.
  6. SK Rektor No. 0241/UN.33/SK/LL/2011 tentang pedoman penyusunan visi, misi, tujuan, sasaran, sosialisasi, dan survei tingkat pemahaman di lingkungan Unimed.

Selanjutnya visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi PG-PAUD disusun dengan melibatkan seluruh stakeholders baik internal maupun eksternal dengan mekanisme penyusunan dapat dijelaskan sebagai berikut:

1.      Rapat penetapan tim penyusunan draft visi dan misi.  Ketua Prodi PG-PAUD mengadakan rapat internal pada tanggal 04 Februari 2016 yang dihadiri oleh seluruh dosen Prodi PG-PAUD.  Hasil rapat menetapkan tim pengkajian draft visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi PG-PAUD yang dikuatkan dengan SK Dekan FIP No. 0565a/UN33.1/PP/2016.

2.      Penyusunan draft visi dan misi bersama internal stakeholders (seluruh sivitas akademika).  Pertemuan bersama seluruh sivitas akademika menghasilkan masukan dan informasi dalam penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi PG-PAUD, antara lain: 1)Dekan FIP menyampaikan visi misi Fakultas serta amanat dari Rektor berkaitan dengan visi misi Universitas; 2)Seluruh dosen Prodi PG-PAUD masing-masing memberikan saran dan ide yang tetap mengacu pada visi, misi fakultas dan universitas; 3) tenaga kependidikan memberikan saran atas kebutuhan sarana prasaran; 4) mahasiswa menyampaikan cita-cita dan harapan pekerjaan di bidang PAUD di masa depan; dan 5)Senat Fakultas memberikan saran dan evaluasi atas rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah dikonsep oleh tim.  Kegiatan ini dilakukan tanggal 12 Februari 2016.  Kegiatan dihadiri oleh seluruh dosen Prodi PG-PAUD, mahasiswa, tenaga kependidikan dengan pimpinan fakultas serta Senat Fakultas.

3.      Pertemuan dengan eksternal stakeholdersPertemuan dengan eksternal stakeholders menghasilkan masukan dan informasi mengenai masalah, kebutuhan dan standar yang dituntut oleh lapangan kerja, masyarakat dan pemerintah, antara lain: 1)alumni PG-PAUD angkatan 2011, 2012 dan 2013, di mana para alumni menceritakan pengalaman dalam pekerjaan mereka di ruang lingkup PAUD, kelebihan dan kekurangan atas kompetensi yang dimiliki, hambatan dan masalah yang dihadapi serta harapan pekerjaan di masa depan; 2)perwakilan pengelola, guru dan kepala sekolah PAUD antara lain TK Negeri Pembina I Medan, TK Perwanis, TK Al Ihsan, TK Panca Budi, TK Asisi, TK Annisa, TK Amir Hamzah, TK Santo Antonius 2, TK Hikmatul Fadillah, TK An Nizam, TK ABA 06 Bromo, TK ABA 05 Sei Dadap, TK Pelangi, TK Nurul Ilmi, TK Santa Lusia, TK Salsa, Paud Dahlia Indah, TK Santa Lusia Batangkuis, TK Harapan Islamiyah, di mana para kepala sekolah, pengelola maupun pemilik yayasan memberikan standar dan kebutuhan mereka akan sumber daya yang diperlukan dalam pengembangan PAUD, menceritakan masalah dan kendala dalam PAUD serta mewakili orang tua siswa menyampaikan harapan atas perkembangan anak-anak mereka; dan 3)staf Diknas Kab. Deli Serdang, mewakili pemerintah menyampaikan pesan dan informasi mengenai sasaran pemerintah dalam mengembangkan pendidikan khususnya PAUD serta memberikan saran dan ide dalam perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran yang selaras dengan program pemerintah.  Pertemuan tersebut dilakukan tanggal 18 dan 19 Februari 2016 bertempat di ruang aula Fakultas Ilmu Pendidikan.

4.      Evaluasi dan perumusan visi dan misi.  Ketua Prodi PG-PAUD mengadakan kegiatan FGD bersama seluruh dosen Prodi PG-PAUD, untuk mengevaluasi dan mendiskusikan kembali masukan stakeholder baik internal maupun eksternal guna penyempurnaan visi dan misi.  Pertemuan tersebut dilakukan tanggal                  25 Februari 2016.  Produk kegiatan adalah rumusan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi PG-PAUD, yang selanjutnya ditetapkan dengan SK Dekan FIP 745a/UN33.1/PP/2016

 

1.1.2  Visi

Rumusan Visi Prodi PG-PAUD telah konsisten dan selaras dengan visi Fakultas dan Universitas, yaitu:

 “Menjadi Program Studi yang Unggul dan Inovatif dalam Bidang Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Tingkat Nasional pada Tahun 2025.

Konsistensi dan kejelasan rumusan visi Prodi PG-PAUD tersebut dapat pula dilihat dari 2(dua) kata kunci yang menggambarkan harapan di masa depan, yaitu :

  1. Unggul.  Pernyataan “Unggul” menunjukkan bahwa program studi PG-PAUD pada tahun 2025 mampu menghasilkan produk yang dapat digunakan dalam rangka pengembangan lembaga PAUD.
  2. Inovatif.  Pernyataan “Inovatif” menunjukkan bahwa program studi PG-PAUD pada tahun 2025 mampu menghasilkan produk yang terpakai saat ini dan ke depan.

Visi tersebut juga sangat realistik karena dirumuskan secara terukur ditinjau dari kekuatan sumber daya dan sarana prasarana yang dimiliki prodi PG-PAUD, menyesuaikan pada kebutuhan dan standar stakeholders dan dapat dikomunikasikan dan dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan.  Selain itu, ketercapaian visi tahun 2025 dijabarkan dalam strategi pencapaian sasaran yang sangat jelas, di antaranya: 1)peningkatan kompetensi lulusan melalui penyempurnaan kurikululum KKNI pendekatan blended learning; 2)peningkatan kualitas dan kompetensi dosen melalui studi lanjut S3, pelatihan dan publikasi karya ilmiah di tingkat Nasional dan Internasional; dan 3)peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian serta kerjasama tingkat nasional.

 

1.1.3 Misi

Dalam rangka mewujudkan visi Program Studi PG-PAUD maka ditetapkan misi dari Program Studi, yaitu :

1.      Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan lembaga PAUD sesuai kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEK.

2.      Melaksanakan penelitian yang hasilnya dapat diimplementasikan untuk mengembangkan Program Studi PG-PAUD dan lembaga PAUD.

3.      Membangun budaya ilmiah di lingkungan Program Studi PG-PAUD.

4.      Membangun kerja sama dengan lembaga-lembaga terkait dalam pengembangan Program Studi PG-PAUD.

 

1.1.4 Tujuan

Dari jabaran visi dan misi Program Studi Pendidikan PG PAUD maka dirumuskan tujuan dari Program Studi yaitu :

1.      Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan dan mampu mengembangkan lembaga PAUD sesuai kebutuhan masyarakat dan perkembangan IPTEK.

2.      Menghasilkan model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan anak usia dini berkonteks budaya lokal yang dapat diimplementasikan untuk mengembangkan Program Studi PG-PAUD dan lembaga PAUD.

3.      Menciptakan atmosfir akademik yang berbasis nilai-nilai budaya dan keilmuan.

4.      Menghasilkan kerja sama dengan berbagai institusi yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini.

 

1.1.5  Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi merupakan tantangan di masa depan, yang membutuhkan sasaran strategis. Adapun sasaran strategis yang mengacu pada renstra 2016-2025 disusun berdasarkan pertimbangan sumber daya, sarana dan prasarana yang dimiliki prodi PG-PAUD, maka sasaran yang ingin dicapai meliputi:

1.      Meningkatkan lulusan yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar yang berlaku.

2.      Tersedianya dosen sebagai tenaga ahli dalam bidang keilmuan Paud dengan kemampuan bersaing di tingkat nasional.

3.      Meningkatkan kualitas dosen melalui studi lanjut S3.

4.      Meningkatkan hasil dan mutu penelitian di tingkat nasional.

5.      Meningkatkan hasil karya ilmiah yang mampu memecahkan permasalahan dalam bidang pengembangan PAUD dan dapat dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional.

6.      Terciptanya suasana akademis dan iklim kehidupan ilmiah kampus yang dinamis (aktif, semangat dan berkembang).

7.      Meningkatkan kerjasama/kemitraan tingkat nasional dengan pemangku kepentingan yang berkaitan dengan PAUD.