Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) bertujuan untuk menghasilkan konselor yang profesional, kompeten, dan berintegritas dalam memberikan layanan konseling yang berbasis pada perkembangan individu. Program ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan teori konseling, keterampilan praktik, serta pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan psikologis, sosial, dan emosional peserta didik maupun masyarakat. Melalui pendekatan holistik, mahasiswa dilatih untuk mampu memberikan layanan bimbingan individu, kelompok, dan keluarga, serta menangani permasalahan yang beragam seperti perkembangan karier, konflik interpersonal, hingga kesehatan mental.

Kurikulum BK mengintegrasikan teori dengan praktik lapangan, seperti micro-counseling dan pengalaman kerja di sekolah, lembaga konseling, atau komunitas. Selain itu, program ini mengutamakan pengembangan etika profesional, empati, dan kemampuan komunikasi yang efektif sebagai dasar dalam membangun hubungan konseling yang positif. Dengan dukungan tenaga pengajar berpengalaman serta fasilitas yang memadai, lulusan BK diharapkan mampu berperan sebagai konselor, fasilitator, atau mediator yang berkontribusi dalam membantu individu mengatasi tantangan hidup dan mencapai kesejahteraan psikologis. Program ini juga berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan konseling yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.

 

Mirza Irawan, S.Pd., M.Pd.
Ketua Jurusan

Visi
Pada Tahun 2030 Menjadi Program Studi yang Unggul di Tingkat Nasional dan Regional dalam bidang Ilmu Bimbingan dan Konseling Profesional dan Berkarakter.


Misi

  • Menyelengarakan layanan pendidikan berbasis kompetensi dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling profesional dan berkarakter.

  • Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu Bimbingan dan Kon­seling berdasarkan penelitian ilmiah, jurnal dan pertemuan ilmiah.

  • Mengembangkan budaya kewirausahaan dan kemandirian.

  • Melaksanakan kerjasama dan pengab­­dian kepada masya­rakat melalui pelayanan bimbingan dan konseling berbasis multi budaya.


Tujuan

  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik yang profe­sional dan berkarakter dalam bidang ilmu Bimbingan dan Kon­seling yang mampu beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan iptek dan permasalahan masyarakat.

  • Menghasilkan temuan ilmiah yang mengacu pada penelitian, peng­kajian dan pengembangan ilmu Bimbingan dan Konseling yang dipublikasikan melalui jurnal nasional, regional dan internasional.

  • Menghasilkan karya-karya dalam bidang Bimbingan dan Konseling yang berwawasan kewirausahaan dan kemandirian.

  • Menghasilkan hubungan kerjasama dan pengabdian kepada masya­rakat dengan berbagai pihak di bidang ilmu bimbingan dan kon­selling maupun pendidikan, baik pemerintahan maupun swasta yang berkaitan dengan masalah-masalah psikologis untuk kemas­lahatan ma­sya­­rakat melalui pelayanan bimbingan dan konseling berbasis multi budaya.

  • Guru Bimbingan dan Konseling: Guru Bimbingan dan Konseling adalah pendidik yang bertugas menyelenggarakan pelayanan BK pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI/Sederajat, SMP/MTs/Sederajat, SMA/ SMK/MA/MAK/ Sederajat).
  • Laboran BK: Tenaga kependidikan yang bertugas dalam pengelolaan laboratoriun dalam rangka kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Bimbingan dan Konseling.
  • Asisten Peneliti BK: Asisten Peneliti dalam bidang pendidikan, bimbingan dan konseling pada setting formal, informal dan non-formal.
  • Edupreneur: Tenaga bidang pengembangan diri dan organisasi di lembaga/institusi/ organisasi/ dunia usaha dan industri pendidikan pada setting formal, informal dan non-formal.
  • Asisten Konsultan Pendidikan:  Tenaga kependidikan bidang perencanaan dan pengembangan pendidikan, bimbingan dan konseling

SIKAP

  • S1: Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  • S2: Berakhlak mulia, berbudi luhur, konsisten dalam menjalankan kehidupan beragama serta toleran terhadap pemeluk agama lain
  • S3: Berpandangan positif dan dinamis tentang manusia sebagai makhluk spritual, bermoral, sosial, individual dan berpotensi;
  • S4: Menghargai dan mengembangkan potensi positif individu pada umumnya dan peserta didik pada khususnya;
  • S5: Peduli terhadap kemaslahatan manusia pada umumnya dan peserta didik pada khususnya.
  • S6: Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air.
  • S7: Mengaplikasikan kaidah- kaidah perilaku manusia, perkembangan fisik dan psikologis individu, kepribadian, individualitas, perbedaan peserta didik, belajar, keberminatan, kesehatan mental terhadap sasaran layanan dan konseling dalam upaya pendidikan


PENGETAHUAN

  • P1: Mengaplikasikan konsep ilmu agama, filsafat, psikologi, sosiologi, antropologi, manajemen, ilmu pendidikan dan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung pelayanan bimbingan dan konseling.
  • P2: Mengimplementasikan prinsip-prinsip pendidikan dan proses pembelajaran.
  • P3: Mengimplementasikan landasan budaya dalam praksis pendidikan.
  • P4: Mengimplementasikan esensi bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan formal, non formal dan informal.
  • P5: Mengimplementasikan esensi bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan umum, kejuruan, keagamaan dan khusus.
  • P6: Mengimplementasikan esensi bimbingan dan konseling pada satuan jenjang pendidikan usia dini, dasar dan menengah.
  • Mengaplikasikan hakekat, dasar-dasar, arah profesi pelayanan Bimbingan dan konseling.


KETERAMPILAN UMUM

  • KU1: Mampu menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi , kebutuhan dan masalah peserta didik.
  • KU2: Memahami berbagai jenis , metode, rancangan dan pelaksanaan penelitian dalam bimbingan dan konseling
  • KU3: Mampu melaksanakan penelitian sederhana dalam bidang bimbingan dan konseling.
  • KU4: Mampu memanfaatkan hasil penelitian dalam bidang bimbingan dan konseling dengan mengakses jurnal pendidikan dan bimbingan dan konseling.


KETERAMPILAN KHUSUS

  • KK1: Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat, yaitu kepribadian dan perilaku yang terpuji, emosi yang stabil, peka, empati, menghormati keragaman dan perubahan seta menampilkan toleransi yang tinggi pada peserta didik.
  • KK2: Menampilkan kinerja berkualitas tinggi dengan menunjukkan tindakan yang cerdas, kreatif, inovatif dan produktif, bersemangat, berdisiplin, mandiri, berpenampilan menarik dan menyenangkan serta berkomunikasi secara efektif.
  • KK3: Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan melalui link berikut: Website PGSD

My Cart